Pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot

Prediksi para ilmuwan mengenai hilangnya sejumlah pekerjaan karena digantikan oleh otomatisasi mesin membuat kalangan pekerja merasa khawatir. Lalu, pekerjaan seperti apa yang dapat bertahan, bahkan tidak dapat digantikan oleh robot?
.
Pekerjaan tersebut antara lain adalah pekerjaan yang membutuhkan imajinasi seperti penulis. Robot mungkin bisa saja memproduksi tulisan berdasarkan data saran judul dan pedoman penulisan, tapi orisinalitas hasil karya robot tentu tidak sebaik manusia.
.
Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas seperti arsitek, tidak dapat digantikan oleh kecerdasan buatan. Kreativitas manusia tidak terbatas, dan anugerah ini diberikan Tuhan sebagai pemberian yang sangat besar, tidak dapat ditiru oleh mesin.
.
Pekerjaan yang membutuhkan empati, seperti dokter, psikolog, perawat, pengasuh. Banyak program artificial intelligence yang dapat mendeteksi penyakit, tetapi hanya manusia yang dapat mengenali emosi manusia, sehingga bisa melakukan penanganan yang lebih tepat, salah satunya saat dokter harus menyampaikan kabar buruk mengenai penyakit yang diderita pasien.
.
Pekerjaan yang membutuhkan kasih sayang, seperti guru dan dosen. Meskipun teknologi di dunia pendidikan sudah berkembang dan murid bisa mendapatkan materi dari berbagai sumber, namun peran guru tidak dapat digantikan oleh robot. Guru dan dosen sebagai pengajar dalam membimbing dan mendidik murid harus memiliki empati dan kesabaran, agar muridnya dapat memahami pelajaran dengan baik.
.
Jadi, kalau selama ini kita sebagai dosen hanya datang, memberikan materi dan pulang, apalagi cuma ngasih tugas, tidak memberikan arahan dan mengajarkan kasih sayang, siap-siap untuk digantikan robot ya!
Purwokerto, 5 April 2021