Media sosial untuk pembelajaran

“Media sosial”

Tahun 2019, statistik pengguna media sosial di dunia telah mencapai sekitar 3,5 milyar (Ermasys, 2019), dengan rata-rata menghabiskan waktu sekitar 3 jam perhari untuk mengaksesnya (Globalwebindex, 2019). Media sosial tidak hanya disukai kaum milenial (90,4%), tapi juga oleh generasi baby boomer dan generasi X (Emarketer, 2019). Oleh karena itu, penggunaan media sosial seharusnya telah menjadi hal yang biasa di kalangan pengguna internet, dan seharusnya dapat ditingkatkan pemanfaatannya, terutama untuk edukasi (pendidikan). Seiring dengan dampak pandemi covid-19, dimana setiap orang di dunia ini harus bekerja dari rumah, dan sekolah dari rumah, maka, kami menawarkan suatu hal yang cukup mudah untuk diakses, mudah dipelajari dan mudah digunakan untuk media pembelajaran, yaitu melalui media sosial.

Di Indonesia, whatsapp, facebook dan instagram merupakan 3 aplikasi yang paling banyak di download pada apps store (we are social, 2020). Oleh karenanya, para pendidik menyukai platform ini untuk saling berinteraksi dengan para siswa. Wall facebook, facebook group dan facebook note merupakan salah satu fitur yang popular untuk sharing materi dan saling berinteraksi antara guru dan siswa.

Instagram sebagai aplikasi berbagi foto dan video, lebih diminati kaum generasi Z. Menggunakan fitur IG Stories, Feed IG dan IGTV, mendukung kolaborasi siswa dan guru. IG dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris, antara lain pada ketrampilan writing dengan cara memberikan caption pada sebuah foto, atau dengan mendengarkan native speaker pada sesi listening (Handayani, 2018).

Whatsapp yang sangat populer di kalangan tua dan muda, cukup digemari masyarakat untuk saling berbagi dokumen, voice maupun video. Hal inilah yang mendorong para guru agar dapat berbicara intens dengan siswa-siswanya. Ketut (2020) dalam penelitiannya menyebutkan, treatment terhadap kedua kelompok belajar, dengan tatap muka dan whatsapp ternyata kedua kelompok mengalami tingkat kehadiran sosial yang sama dan pembelajaran yang dirasakan.

Demikian sekilas yang dapat saya sampaikan dalam rangkaian acara pengabdian masyarakat LPPM ITTelkom Purwokerto, Rabu, 29 April 2020. Semoga bermanfaat ya!

Silakan klik link dibawah ini untuk mendapatkan slide presentasi dari saya, terima kasih….

https://www.slideshare.net/kuliahtenia/media-sosial-untuk-pembelajaran

Purwokerto, 1 Mei 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *