Human Memory

Tampilan gojek

Pernahkah kalian kepikiran, kenapa jumlah menu layanan yg ditampilkan di aplikasi gojek atau grab kok ada 7? Kenapa gak 3 atau 15 gaes?

Saya selalu mengamati, mengapa jumlah menu di website atau aplikasi android berkisar antara 7-9 buah. Lalu muncul pertanyaan kenapa segitu sih? Usut punya usut, ternyata, kemampuan otak manusia untuk mengingat jangka pendek maksimal hanya 9 item saja. (*akhirnya sampailah saya sampai baca jurnal² psikologi untuk menemukan jawabannya).

Edmund T. Rolls, dkk (2013) dalam jurnal plosone berjudul “Holding multiple items in short term memory” mengungkapkan bahwa memori jangka pendek manusia memiliki kapasitas bbrp item yg dipelihara secara bersamaan. Dalam penelitian tsb juga mengungkapkan manusia pada umumnya hanya dapat mempertahankan 9 ingatan jangka pendek yang aktif secara simultan.
Oleh karenanya, jumlah menu yg dianggap penting untuk ditampilkan di halaman utama pada umumnya berkisar antara +- 9. Angka 7 merupakan angka ideal untuk menentukan pilihan item yang paling penting atau sering digunakan.

Jauh sebelum Edmund T. Rolls, penelitian tentang memory sudah dilakukan oleh G. A. Miller, (1956) yang menulis essay berjudul “The Magic Number Seven, Plus or Minus Two: Some Limits on our Capacity for Processing Information”. Miller memperluas karya ini ke ingatan manusia, menggambarkan sebuah eksperimen di mana para peserta disajikan dengan urutan item dan kemudian diminta untuk mengingatnya. Dia menemukan bahwa kemampuan manusia dengan tugas-tugas tersebut, sama, sekitar tujuh item (± 2). Sebuah demonstrasi sederhana dari tesis Miller ditunjukkan pada Gambar.

Results of a test of short-term memory.

Untuk “percobaan mini” ini, lembar log dibagikan kepada siswa di kelas tentang interaksi komputer manusia (n ~ 60). Instruktur menentukan urutan angka acak, dengan urutan panjang bervariasi dari empat digit hingga 13 digit. Setelah setiap dikte, siswa menyalin urutan dari memori jangka pendek ke lembar log. Persentase respons yang benar berdasarkan panjang urutan ditampilkan dalam gambar. Pada akhirnya tujuh jumlah tanggapan yang benar adalah sekitar 50 persen. Panjangnya lima dan sembilan nilainya masing-masing sekitar 90 persen dan 20 persen.

Purwokerto, 18 April 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *