Finally, international conference in thailand!

It’s my turn!

Alhamdulillah sdh selesai mempresentasikan hasil peneilitian bersama teman2. Proyek penelitian yg singkat ini saya sebut sebagai proyek balas budi. Dulu, thn 2015, saya diajak kolaborasi menulis oleh bapak Nidjo Sandjojo. Pak nidjo ini secara pribadi saya tidak kenal, bahkan bertemu pun belum *i hope someday we will meet pak. Tapi, sejak paper kami terindeks scopus *waktu itu blm jaman scopus2an kayaknya*, dan telah disitasi bbrp orang, saya merasa bahagia krn hasil karya kami bermanfaat bagi org lain. Rasa percaya diri saya meningkat, dan saya mulai berani menulis jurnal dan conference bertaraf internasional.

Saya membalas budi pak nidjo dengan menuliskan paper kami di seminar nasional. Dan saya meneruskan semangat beliau dengan kolaborasi menulis. Sangat menginspirasi.

Sejak saat itu saya berpikir, kalau dosen senior mau mengajak rekan yuniornya utk berkolaborasi menulis, maka banyak dampak positif yang akan didapatkan. Setidaknya, ada pengalaman menulis, pengalaman kerjasama, pengalaman punya scopus id *yg terakhir mungkin bonus ya, jgn dijadikan tujuan utama*.

So, saya mengajak teman2 kolaborasi dan direspon oleh Rima Dias RamadhaniAgus PriyantoDwi Januarita AK dan Danny Kurnianto. Mereka kebanyakan memang blm punya banyak pengalaman menulis paper berbahasa inggris, atau bisa jadi ini pengalaman pertamanya. Saya harap someday, mereka akan mengajak rekan2 dosen lain utk menulis, dan mudah2an jd penyemangat utk menjadi pribadi yg selalu ingin belajar.

Amin…
Krabi, Thailand
21 Maret 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *