Analogi sup yang dimodifikasi
Ketika koki lain mencicicipi sup : exploratory
Ketika koki menilai untuk resep tertentu : predictive
Ketika koki mencicipi sup saat memasaknya : formative
Ketika tamu mencicipi sup : summative
Beberapa definisi usability :
Shackel 1991 : efektifitas, kemudahan dipelajari, fleksibilitas, dan sikap
Jordan 1998 : kemampuan menebak, kemampuan dipelajari, performansi pengalaman pengguna, potensial sistem (secara teori, seberapa efisien tugas yang diberikan dapat dilengkapi oleh sistem yang bersangkutan), dan kegunaan kembali.
ISO/DIS 9241-11 : efektifitas, efisiensi , kepuasan.
Efektifitas : akurasi dan kelengkapan dengan yang dispesifikasikan user dapat dicapai tujuan spesifik dalam lingkungan tertentu.
Efisiensi : jumlah sumber daya yang dikeluarkan dibangingkan dengan akurasi dan kelengkapan tujuan yang dicapai.
Kepuasan : kenyamanan dan penerimaan sistem untuk pengguna dan orang lain yang di sebabkan dari penggunaan
Ada 4 buah tipe evaluasi, berdasarkan tujuan evaluasi
- Exploratory – bagaimana penggunaannya?
Dilakukan sebelum pembangunan interface
Mempelajari bagaimana s/w digunakan, seberapa sering dan untuk apa
Mengumpulkan data yang digunakan – catatan statistik dan observasi dari penggunaan
- Predictive – memprediksi (akan) seberapa baik ?
Memperkirakan seluruh kualitas dari interface (seperti summative evaluation, tapi prediksi dilakukan di muka
Dilakukan sekali saat desain selesai dibuat, tapi sebelum proses implementasi
- Formative – bagaimana dapat menjadi lebih baik ?
Memberitahukan proses desain dan membantu meningkatkan interface selama desain
Dilakukan selama pembangunan interface
Mempelajari mengapa sesuatu menjadi salah , tidak hanya pada saat terjadi kesalahan
Mengumpulkan data proses-pengamatan kualitatif dari apa yang terjadi dan bagaimana
- Summative – seberapa baik?
Penilaian dari semua kualitas dari interface
Dilakukan satu kali pada interface (kurang lebih) telah selesai
Membandingkan desain alternatif, atau menguji kebutuhan performansi yang telah di definisikan
Method category Name of method Described in (among others)
Empirical methods
Usability test (also called thinking aloud method)(Lewis, 1982)
User performance test(Nielsen, 1993)
Remote usability test(Hilbert & Redmiles, 1998)
Beta test(Smilowitz et al., 1993)
Forum test(Smilowitz et al., 1993)
Cooperative evaluation(Wright & Monk, 1991b)
Coaching method(Nielsen, 1993)
Inspection method
Expert review(Hammond et al., 1984)
Heuristic evaluation(Nielsen & Molich, 1990)
Cognitive walkthrough (CW)(Lewis et al., 1990)
Pluralistic walkthrough(Bias, 1994)
Structured heuristic evaluation(Kurosu et al., 1999)
Perspective-based inspection(Zhang et al., 1998)
Inquiry methods
User satisfaction questionnaire(Kirakowski & Dillon, 1988)
Field observation(Gould, 1988)
Focus group(Zirkler & Ballman, 1994)
Interviews(Gould, 1988)
Thesis User Evaluation Methods, Nielsen, 1999