Thesis Review-User Evaluation Methods (Nielsen, 1999)

 

Analogi sup yang dimodifikasi

Ketika koki lain mencicicipi sup : exploratory

Ketika koki menilai untuk resep tertentu : predictive

Ketika koki mencicipi sup saat memasaknya : formative

Ketika tamu mencicipi sup : summative

Beberapa definisi usability :

Shackel 1991  : efektifitas, kemudahan dipelajari, fleksibilitas, dan sikap

Jordan 1998 : kemampuan menebak, kemampuan dipelajari, performansi pengalaman pengguna, potensial sistem (secara teori, seberapa efisien  tugas yang diberikan dapat dilengkapi oleh sistem yang bersangkutan), dan kegunaan kembali.

ISO/DIS 9241-11 : efektifitas, efisiensi , kepuasan.

Efektifitas : akurasi dan kelengkapan dengan yang dispesifikasikan user dapat dicapai tujuan spesifik dalam lingkungan tertentu.

Efisiensi : jumlah sumber daya yang dikeluarkan dibangingkan dengan akurasi dan kelengkapan tujuan yang dicapai.

Kepuasan : kenyamanan dan penerimaan sistem untuk pengguna dan orang lain yang di sebabkan dari penggunaan

 

Ada 4 buah tipe evaluasi, berdasarkan tujuan evaluasi

  1. Exploratory – bagaimana penggunaannya?

Dilakukan sebelum pembangunan interface

Mempelajari bagaimana s/w digunakan, seberapa sering dan untuk apa

Mengumpulkan data yang digunakan – catatan statistik dan observasi dari penggunaan

  1. Predictive – memprediksi (akan) seberapa baik ?

Memperkirakan seluruh kualitas dari interface (seperti summative evaluation, tapi prediksi dilakukan di muka

Dilakukan sekali saat desain selesai dibuat, tapi sebelum proses implementasi

  1. Formative – bagaimana dapat menjadi lebih baik ?

Memberitahukan proses desain dan membantu meningkatkan interface selama desain

Dilakukan selama pembangunan interface

Mempelajari mengapa sesuatu menjadi salah , tidak hanya pada saat terjadi kesalahan

Mengumpulkan data proses-pengamatan kualitatif dari apa yang terjadi dan bagaimana

  1. Summative – seberapa baik?

Penilaian dari semua kualitas dari interface

Dilakukan satu kali pada interface (kurang lebih) telah selesai

Membandingkan desain alternatif, atau menguji kebutuhan performansi yang telah di definisikan

Method category Name of method Described in (among others)

Empirical methods

Usability test (also called thinking aloud method)(Lewis, 1982)

User performance test(Nielsen, 1993)

Remote usability test(Hilbert & Redmiles, 1998)

Beta test(Smilowitz et al., 1993)

Forum test(Smilowitz et al., 1993)

Cooperative evaluation(Wright & Monk, 1991b)

Coaching method(Nielsen, 1993)

Inspection method

Expert review(Hammond et al., 1984)

Heuristic evaluation(Nielsen & Molich, 1990)

Cognitive walkthrough (CW)(Lewis et al., 1990)

Pluralistic walkthrough(Bias, 1994)

Structured heuristic evaluation(Kurosu et al., 1999)

Perspective-based inspection(Zhang et al., 1998)

Inquiry methods

User satisfaction questionnaire(Kirakowski & Dillon, 1988)

Field observation(Gould, 1988)

Focus group(Zirkler & Ballman, 1994)

Interviews(Gould, 1988)

 

Thesis User Evaluation Methods, Nielsen, 1999