HCI adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait. (Hewett, 1992, 1996).
Pada perspektif ilmu komputer, fokus HCI ada pada interaksi, khususnya interaksi antara satu atau lebih manusia pengguna komputer dengan satu atau lebih mesin komputasi (komputer).
Usability dan user experience
Tujuan utama usability adalah untuk memenuhi kriteria khusus dari kebergunaan (misalnya efisiensi).
Tujuan utama user experience adalah lebih ke arah peningkatan kualitas pengalaman pengguna, misalnya tampilan yang secara estetika menyenangkan.
Kesalahan klasik dalam merancang sistem :
- Kesalahan asumsi pada rancangannya,
- Pilihan-pilihan yang tidak secara tegas ditentukan,
- Pembuatan fitur-fitur yang tidak memadai.
Kesalahan umum yang dilakukan perancang sistem :
- Perancangan yang didasarkan pada common sense
- Anggapan bahwa perilaku seseorang telah mewakili suatu kelompok dimana dia berada
- Keinginan atasan yag harus dilakukan
- Kebiasaan dan atau tradisi lama
- Anggapan implisit yang tidak sesuai / tidak didukung
- Keputusan perancangan awal yang tidak didukung
- Penundaan evaluasi sampai ada waktu luang
- Evaluasi formal yang menggunakan kelompok subyej yang tidak sesuai
- Eksperimen yang tidka dapat dianalisis
Kepuasan berinteraksi (Shneiderman, 1998) :
- Konsistensi
- Fasilitas kunci cepat
- Umpan balik yang informatif
- Rancangan dialog yang mengarah ke penutupan (closure)
- Pencegahan kesalahan dan penanganan kesalahan
- Pembalikan tindakan yang mudah
- Dukungan pada locus of control internal
- Penggunaan beban memori jangka pendek
Definisi kebergunaan / usability :
Derajat kemampuan sebuah perangkat lunak untuk membantu penggunanya menyelesaikan sebuah tugas.
Dix, et. Al (2004) keberhasilan sebuah sistem untuk membantu penggunanya menyelesaikan suatu tugas ditentukan oleh kombinasi tiga kata “guna” yang kesemuanya harus benar :
- Berguna (useful)
- Dapat digunakan (usable)
- Digunakan (used)
Nielsen, (2003) lima buah komponen kualitas untuk menentukan kebergunaan sebuah sistem :
- Kemampuan untuk dipelajari (learnability)
- Efisiensi
- Mudah diingat
- Kesalahan dan keamanan
- Kepuasan
Nah, sekian dulu rangkuman tentang perbedaan usability dan user experience, lain waktu disambung lagi ya