Ketika Dokter atau Insinyur tidak lagi jadi cita-cita

 

sudah besar mau jadi apa?

 

Sibuk menyalahkan pemerintah atau sistem pendidikan yang gagal dalam menyalurkan lulusan ke industri menurut saya merupakan hal yang paling bodoh dan sia-sia. Anak-anak generasi sekarang, tidak lagi bercita-cita menjadi dokter atau insinyur saat ditanya mengenai masa depannya. Mereka cenderung menginginkan sesuatu pekerjaan yang lebih dinamis, dibandingkan hanya sekedar menjadi pegawai. Perubahan dari era manual ke komputasional, telah menggeser peranan karyawan menjadi mesin. Ketika surat telah digantikan dengan e-mail, tukang pos mengganti peranannya menjadi pengantar barang paket yang dijual belikan melalui e-commerce. Siapa yang tidak mau berubah, mereka akan tergerus jaman.

Teknologi modern telah berkembang pesat, dan evolusi digital telah mengubah cara otak berpikir sehingga pada akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang dilihat dan dioperasikan setiap hari. Keajaiban teknologi modern telah melahirkan pekerjaan-pekerjaan baru yang tidak pernah kita pikirkan sepuluh tahun yang lalu. Kelahiran inovasi-inovasi yang baru pada industri digital menciptakan peluang-peluang pasar yang baru pula. Pekerjaan apa saja yang muncul saat ini tidak pernah kita bayangkan 10 tahun yang lalu?

App Developer

Pengembang Aplikasi adalah mereka yang merancang dan membuat kode program fungsional dan aplikasi untuk platform seluler, mulai dari permainan, gaya hidup, aplikasi dukungan dan kencan yang sekarang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Tahukah kamu? 80% Aplikasi yang diunduh pada ponsel dihapus dalam 30 detik pertama karena pengguna masih khawatir tentang undang-undang Privasi Data. Pengembang Aplikasi akan terus bertambah jumlahnya, yang paling diminati pengguna lah yang akan bertahan.

Social Media Manager

Feed instagram yang menarik, postingan Facebook yang viral dan tweet yang trending tidak serta merta muncul. Dibalik itu semua ada orang-orang yang bekerja keras memikirkan konten setiap hari. Mereka yang memiliki bakat kreatif dan pemahaman tentang bagaimana konten multimedia yang menarik dapat digunakan dalam pemasaran tidak diragukan lagi menjadi Manajer Media Sosial saat ini.

Dengan internet yang menarik 4,2 miliar pengguna dan berbagi 3,4 miliar profil sosial, kebutuhan untuk mendapatkan perhatian konsumen telah menjadi prioritas nomor 1 bagi banyak bisnis.

Uber Driver

Uber, Gojek, Grab merupakan applikasi transportasi online yang cukup populer di Indonesia. Bahkan Gojek telah menjadi decacorn pertama di Indonesia, CEO nya telah diangkat menjadi menteri pendidikan di Indonesia hebat bukan?

Membayangkan memesan taksi atau ojek di sebuah perkampungan yang jarang dilewati angkutan umum mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Begitulah kecepatan dan pertumbuhan yang cepat dari pengemudi transportasi online, rasanya aneh untuk berpikir bahwa sepuluh tahun yang lalu kita tidak memesan taksi dengan satu sentuhan tombol aplikasi.

YouTube Content Creators

Industri pertelevisian berangsur-angsur melemah sejak keberadaan youtube mulai dilirik masyarakat. Tentu saja, YouTube telah ada sejak 2005 ketika tiga karyawan PayPal mulai berbagi video secara online, tetapi kebutuhan akan pembuat konten yang secara efektif melahirkan YouTube Stars hanyalah sebuah fenomena baru yang meningkat tanpa terkendali.

Dengan lebih dari 1,9b pengguna bulanan, Pembuat Konten YouTube kini mendapatkan pemasukan iklan dalam jutaan per tahun – yang berarti semakin banyak bintang video wannabe bermunculan dengan laju yang pesat.

Drone Operators

Kendaraan udara tak berawak (UAV), umumnya dikenal sebagai drone, adalah pesawat tanpa pilot manusia. Untuk alasan positif dan negatif, konsep drone telah ada sejak lama, tetapi peran operator drone sebagai profesi penuh waktu hanya tren baru-baru ini.

Jumlah pilot jarak jauh yang diperlukan untuk menerbangkan drone komersial tersebut dapat mencapai setinggi 422.000 pada tahun 2021. FAA juga memperkirakan bahwa drone kecil akan meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 3,5 juta drone pada tahun 2021, naik dari 1,1 juta drone pada tahun 2016. Dan siapa yang tidak bisa menyesali Amazon untuk mulai mengirimkan paket melalui pesawat tanpa awak ke rumah dan kantor Anda dalam beberapa tahun ke depan?

 

Sumber :

https://www.digitaldoughnut.com/articles/2019/april/10-jobs-that-didnt-exist-10-years-ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *