Perbedaan UI, UX dan Usability

Apa berbedaan UI, UX dan Usability?

.

Ketiga istilah ini seringkali digunakan para pengembang dan desainer perangkat lunak, tapi, apakah kalian tahu bedanya? Untuk memudahkan pemahaman mengenai ketiga istilah tersebut, mari kita lihat gambar berikut.

.

Saat mendesain sebuah tampilan antarmuka sebuah “button submit” pada aplikasi atau website, para desainer UI memikirkan desain tombol tersebut. Bagaimana bentuknya? Segiempat atau oval? Apa warnanya? Putih atau hitam? Bagaimana tombol bekerja? Pada dasarnya UI adalah titik interaksi antara manusia dan aplikasi. Desain tombol, kolom entri, dan tata letak aplikasi atau situs web adalah tempat pengguna berinteraksi dengan sistem. Jadi singkatnya desain UI adalah desain titik interaksi di mana pengguna dapat berinteraksi dengan sistem.

.

Para desainer UX lebih memikirkan bagaimana sebuah “button” dapat bekerja dengan baik. Apakah tombol “cancel” sebaiknya dibuat dengan sebuah link tulisan saja? Ataukah dibuat sama bentuknya dengan tombol “submit”? UX adalah pengalaman keseluruhan pengguna akhir agar aplikasi dapat bekerja lebih baik lagi.

.

Usability merupakan bagian dari UX. Usability adalah persepsi pengguna akhir tentang bagaimana orang itu dapat secara efektif, efisien dan puas dalam menyelesaikan tugas saat menggunakan aplikasi.

Nah, sekarang bisa kan membedakan antara UI, UX dan Usability?

*UI = User Interface (Antarmuka Pengguna)

*UX = User Experience (Pengalaman Pengguna)

*Usability = Kegunaan

Purwokerto, 29 September 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *