Wisata kuliner Penang, Malaysia

Belum bisa move on dari Penang, jadi, postingan kali ini masih bertema sekitar Penang. Tidak afdol rasanya, jika kita mengunjungi suatu tempat, tanpa mencoba kuliner khas daerah tersebut. Alhamdulillah, saya sudah mencoba beberapa masakan khas Penang, Malaysia yang enak dan cocok dengan lidah saya. Jika anda berkesempatan mengunjungi Pulau Penang, silakan dicoba masakan-masakan ini ya!

Nasi Lemak 

Mulailah sarapan pagi anda dengan menyantap nasi lemak yang lezat. Nasi lemak merupakan jenis makanan khas Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia, dan biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi. Nasi lemak merupakan jenis nasi gurih yang dimasak dengan cara liwet. Di Indonesia, nasi lemak kerap ditemui di Riau dan Kepulauan Riau.  Lauk yang mendampingi nasi lemak wajib menggunakan bumbu rendang, entah itu rendang ayam maupun sapi. Selain itu, nasi lemak juga dilengkapi dengna sambal teri kacang, dan telur balado, tak lupa ada kerupuk untuk menemani sarapan anda. Menu yang lengkap akan terus membuat kita kenyang sampai siang hari!

Nasi Kandar

Setelah lelah berjalan-jalan di sekitar Georgetown, anda perlu mencicipi nasi kandar yang terkenal itu. Nasi kandar pelita merupakan warung nasi terkenal di pulau Penang, Malaysia. Ada 3 cabang nasi kandar Pelita di sana, yaitu di daerah Perai, jalan padang lalang, dan taman bukit minyak di bukit Mertajam, warungnya buka mulai jam 2 siang sampai malam. Nasi kandar merupakan masakan khas pulau Penang, yaitu nasi putih yang dihidangkan dengan berbagai jenis masakan kari. Penjual nasi kandar adalah para pedagang Malaysia keturunan India atau Tamil.

Nasi Biryani

Masih berbicara tentang hidangan khas India, nasi biryani layak anda coba. Nasi biryani dimasak dengan rempah-rempah dan ditambah dengan sayuran atau daging. Di Indonesia, nasi biryani juga dikenal dengan nama nasi kebuli. Nasi biryani dimakan dengan kari ayam, kambing, ataupun sapi.

Nasi Lemuni

Nasi lemuni bau dan rasanya sangat khas, karena dimasak bersama daun lemuni. Konon katanya, lemuni bagus di konsumsi untuk ibu selepas bersalin, karena dapat melancarkan peredaran darah, mengurangi demam, batuk dan mengeluarkan dahak. Daun lemuni mudah diperoleh di daerah-daerah bagian utara, seperti Pulau Pinang dan Kedah. Nasi lemuni ini dimasak dengan cara yang sama seperti nasi lemak. Namun begitu, santan yang digunakan dalam nasi lemak diganti dengan jus daun lemuni. Nasi yang ditanak akan menyerap khasiat daun lemuni yang menjadikan hidangan ini satu hidangan yang sehat.

Nasi Goreng Penang

Setelah lelah beraktifitas seharian, anda bisa mencicipi kuliner nasi goreng Penang yang istimewa ini. Café hotel Kimberly menawarkan gratis sup labu ataupun bubur mutiara untuk setiap pembelian nasi goreng ini. Dilengkapi dengan lauk yang beragam, termasuk sate nan lezat yang wajib anda coba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *